RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP BAB VI
Satuan
Pendidikan : SMPN Katumbangan Lemo
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
(IPA)
Kelas/Semester : VI/2
Topik : Energi Dalam Sistem
Kehidupan
Sub
Topik : Fotosintesis
Alokasi
Waktu :
2 JP ( 1x Pertemuan)
A.
KOMPETENSI INTI
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaan
nya
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. KOMPETENSI
DASAR
1.1.
Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti;
cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif
dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2
Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
4.8
Melakukan
percobaan sederhana untuk menyelidiki proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.
C. INDIKATOR
1.1.1 Mempelajari energi dalam sistem
kehidupan merupakan sesuatu yang kompleks yang terdapat dalam
kehidupan sehari-hari yang merupakan ciptaan Tuhan adalah merupakan wujud dari
pengamalan agama yang dianutnya
2.1.1 Menunjukkan sikap ingin tahu.
Kritis, jujur, teliti, cermat, terbuka dan bertanggung
jawab dalam mempelajari energi
dan perubahannya.
2.2.1
Saling menghargai dan menghormati kerja individu dan kelompok dalam
melakukan aktivitas sehari-hari sebagai percobaan dan melaporkan hasil
percobaan
4.8.1 Menunjukkan bagian daun yang berperan
dalam fotosintesis
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kompetensi
sikap spiritual dan sosial
1.1.1.1 Peserta didik
dapat mengembangkan sikap mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang energi dan
perubahannyanya
dalam kehidupan sehari-hari
2.1.1.1Peserta didik
dapat mengembangkan
perilaku rasa ingin tahu, kritis,
teliti, jujur, cermat, terbuka dan bertanggung jawab melalui diskusi dan
praktikum tentang energi dan perubahannya
dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi pengetahuan dan keterampilan
3.6.1.1 Pesertqa didik dapat menyajikan
hasil pengamatan, inferensi, dan mengkomunikasikan hasil penyelidikannya
tentang fotosintesis
E. MATERI
PEMBELAJARAN
Fotosintesis berasal dari kata foto
yang berarti cahaya dan sintesis berarti penusunan. Jadi fotosintesis adalah
proses penyusunan dari zat organik H2O dan CO2 menjadi
senyawa organik yang kompleks yang memerlukan cahaya. Fotosintesis hanya dapat
terjadi pada tumbuhan yang mempunyai klorofil, yaitu pigmen yang berfungsi
sebagai penangkap energi cahaya matahari.
Fotosintesi dikenal sebagai suatu proses
sintesis makanan yang dimiliki oleh tumbuhan hijau dan beberapa mikroorganisme
fotosintetik. Pada prinsipnya komponen yang dibutuhkan dalam reaksi
fotosintesis adalah CO2 yang
berasal dari udara dan H2O yang diserap dari dalam tanah . selain
itu sesuai dengan namanya foto “Cahaya”
reaksi ini membutuhkan cahaya matahari sebagai energi dalam pembuatan atau
sintesis produk (senyawa gula dan oksigen).
F. PENDEKATAN/
STRATEGI/ METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode :
Diskusi dan eksperimen
3. Model :
Kooperatif Learning
G. SUMBER
BELAJAR
1. Buku IPA SMP kelas VII, Puskurbuk 2013
2. Buku Panduan IPA SMP Kelas VII
3. Internet dan media cetak lainnya.
H. MEDIA
PEMBELAJARAN
a. Media
Ø Computer
Ø Lcd/ Proyektor
Ø Charta
b. Alat dan bahan
1. Pembakar Spiritus
2. Air secukupnya
3. 2 lembar daun
4. Gelas kimia
5. Lugol
6. Penjepit
7. Korek api
8. Kertas aluminium
9. Alkohol
10. Kaki tiga
I.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
( 3 jampel )
Kegiatan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru menyampaikan salam dan
menanyakan kehadiran siswa
§ Pemusatan perhatian dan memotivasi
peserta didik
§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
§ Peserta didik diingatkan tentang
langkah-langkah kegiatan (meto ilmiah) dengan menggunakan LKS yang telah
disediakan oleh Guru
Mengamati
§ Perubahan warna pada permukaan daun
yang sudah ditutup sehari sebelumnya dengan aluminium foil
Menanya
§ Alasan mengapa pada daun yang sudah
ditutup dengan kertas aluminium foil akan menghasilkan warna yang berbeda
dengan yang tidak ditutup.
Eksperimen
§ Melakukan eksperimen untuk
membuktikan terjadinya fotosintesis
Mengasosiasi
§ Menganalisis data dalam bentuk tabel
pengamatan
Mengomunikasikan
§ Mempresentasikan hasil kegiatan
|
90 menit
|
Penutup
|
§ Guru mengingatkan peerta didik untuk
menyelesaikan tugas yang diberikan dan menyampaikan rubrik penilaian kepada
peserta didik sehingga mereka berusaha untuk mendapatkan nilai maksimum
§ Guru memberikan penghargaan kepada
kelompok peserta didik yang berpenampilan terbaik
§ Peserta didik memastikan kelas/
laboratorium dalam keadaan bersih.
|
20 menit
|
J.
PENILAIAN
METODE DAN INTRUMEN
1.
Metode dan bentuk instrumen
Metode
|
Bentuk
Instrumen
|
a.
Sikap
|
Lembar
pengamatan sikap dan rubrik
|
b.
Diskusi an Observasi
|
Rubrik penilaian kinerja
|
c.
Tes tertulis
|
Tes uraian dan pilihan ganda
|
2.
Instrumen
a.
Lembar pengamatan sikap
1. Pengamatan perilaku Ilmiah
No
|
Aspek yang Dinilai
|
1
|
2
|
3
|
Keterangan
|
1
|
Rasa Ingin tahu (Curiosity)
|
|
|
|
|
2
|
Ketelitian dan Kehati-hatian dalam melakukan
pengamatan
|
|
|
|
|
3
|
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan
bekerja baik secara individu maupun berkelompok
|
|
|
|
|
4
|
Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar.
|
|
|
|
|
Rubrik penilaian Perilaku ilmiah
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Menunjukkan rasa ingin tahu
|
1. tidak
menunjukkan antusias dalam pengama tan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan
kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
2. menunjukkan
rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam
kegiatan kelompok ketika disuruh
3. menunjukkan
rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam dalam kegiata kelompok
|
2
|
Ketelitian
dan hati-hati
|
1. mengamati
hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hatihati dalam melakukan percobaan
2. mengamati
hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hatihati dalam melakukan percobaan
3. mengamati
hasil percobaan sesuai prosedur,
hati-hati dalam melakukan percobaan
|
3
|
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara
individu maupun
berkelompok
|
1 tidak
berupaya sungguh-sungguh dalam Menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak
selesai
2 berupaya
tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya
terbaiknya
3 tekun
dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya
tepat waktu.
|
4
|
Berkomunikasi
|
4. Aktif
dalam tanya jawab, tidak ikut mengemu
kakan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain
5. Aktif
dalam tanya jawab, tidak ikut mengemu
kakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
6. Aktif
dalam tanya jawab, dapat mengemuka kan Gagasan atau ide, menghargai pendapat
siswa lain
|
b. Penilaian kinerja melakukan percobaan
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Penilaian
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Merumuskan masalah,
hipotesis, dan merencana kan percobaan
|
|
|
|
2
|
Merangkai alat
|
|
|
|
3
|
Melakukan pengamatan / pengukuran
|
|
|
|
4
|
Melakukan analisis data dan menyimpulkan
|
|
|
|
Rubric :
Aspek
yang dinilai
|
Penilaian
|
||
1
|
2
|
3
|
|
Merumuskan
masalah, hipotesis, dan merencanakan percobaan
|
Tidak mampu
merumuskan masalah, hipotesis, dan merencanakan percobaan
|
Dilakukan
dengan bantuan guru
|
Dilakukan
secara mandiri (individual atau kelompok)
|
Merangkai
alat
|
Rangkaian alat tidak benar
|
Rangkaian
alat benar, tetapi tidak rapi atau tidak memper hatikan keselamat an kerja
|
Rangkaian
alat benar, rapi, dan memperhatikan
keselamatan kerja
|
Pengamatan/
pengukuran
|
Pengamatan
tidak cermat
|
Pengamatancermat,
tetapi mengandung interpretasi
|
Pengamatan
cermat dan bebas interpretas
|
Melakukan
analisis data dan menyimpul kan
|
Tidak mampu
|
Dilakukan
dengan bantuan guru
|
Dilakukan
secara mandiri (individual atau kelompok)
|
LEMBAR KERJA SISWA ( LKS )
PETUNJUK
PRAKTIKUM PERUBAHAN ENERGI PADA FOTOSINTESIS
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas : VII
Bentuk
Penilaian : Unjuk Kerja
A.
KOMPETENSI INTI :
Mencoba, mengolah, dan
Manyaji dalam ranah konkret
( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak
( menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber laion yang sama dalam sudut pandang/ teori.
B. KOMPETENSI DASAR
4.9
Melakukan
percobaan sederhana untuk menyelidiki proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.
C.
INDIKATOR
Ø Menunjukkan bagian
daun yang berperan dalam fotosintesis
Ø Mempresentasikan hasil
kegiatan praktikum di depan kelas
D.
TUJUAN
Ø Mengetahui fotosintesis
terjadi di daun
MATERI
Fotosintesis berasal dari kata foto
yang berarti cahaya dan sintesis berarti penusunan. Jadi fotosintesis adalah
proses penyusunan dari zat organik H2O dan CO2 menjadi
senyawa organik yang kompleks yang memerlukan cahaya. Fotosintesis hanya dapat
terjadi pada tumbuhan yang mempunyai klorofil, yaitu pigmen yang berfungsi
sebagai penangkap energi cahaya matahari.
Fotosintesi dikenal sebagai suatu proses
sintesis makanan yang dimiliki oleh tumbuhan hijau dan beberapa mikroorganisme
fotosintetik. Pada prinsipnya komponen yang dibutuhkan dalam reaksi
fotosintesis adalah CO2 yang
berasal dari udara dan H2O yang diserap dari dalam tanah . selain
itu sesuai dengan namanya foto “Cahaya”
reaksi ini membutuhkan cahaya matahari sebagai energi dalam pembuatan atau
sintesis produk (senyawa gula dan oksigen).
REAKSI : C6H12O6 CO2 + H2O +
Energi
PRAKTIKUM FOTOSINTESIS
Alat
dan bahan
1. Pembakar Spiritus
2. Air secukupnya
3. 2 lembar daun
4. Gelas kimia
5. Lugol
6. Penjepit
7. Korek api
8. Kertas aluminium
9. Alkohol
10. Kaki tiga
Langka-langkah
Kegiatan:
1. Ambil air 200 gram (200ml), tuang ke
dalam gelas kimia
2. Letakkan gelas kimia yang berisi air di
atas pembakar spiritus.
3. Masukkan daun beberapa saat sampai
terlihat layu
4. Angkat, lalu masukkan ke dalam wadah
larutan alkohol. Angkat dengan menggunakan penjepit, cuci lalu di keringkan.
5. Masukkan ke dalam wadah lalu teteskan
lugal ke semua permukaan daun . amati perubahan warna pada daun yang tertutup
kertas dengan yang tidak tertutup.
6. Catat hasil pengamatan pada tabel
pengamatan
Tabel
Hasil Pengamatan
No.
|
Aspek
|
Hasil
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kesimpulan:
1. ........................................................................
2.
........................................................................
c.
Instrumen
1.
Tuliskan
pengertian fotosintesis.
2.
Adakah
perubahan warna dua lembar daun setelah
kamu tetesi lugol? Jelaskan.
3.
Tuliskan
faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis.
No.
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Fotosintesis
adalah proses penyusunan dari zat organik H2O dan CO2 menjadi
senyawa organik yang kompleks yang memerlukan cahaya
|
2
|
2.
|
Ada.
Yang terkena cahaya berwarna biru dan yang tidak terkena cahaya berwarna
kuning
|
2
|
|
|
|
3.
|
Beberapa
faktor yang mempengaruhi fotosintesis yaitu:
1.
Cahaya
matahari,
2.
Karbondioksida
(CO2 ),
3.
suhu,
4.
air
|
4
|
Campalagian,
………………..2016
Kepala
Sekolah, Guru
Mata Pelajaran IPA,
............................. ............................
NIP. NIP. .
No comments:
Post a Comment